TERMODINAMIKA's WORLD

Blog ini dibangun untuk memenuhi salah satu proyek matakuliah Termodinamika dengan Dosen Pengampu Bapak Apit Fathurohman, S. Pd., M. Si (WAJIB)

Kamis, 02 April 2015

Alat Pengukur Radiasi Matahari

Klimatologi Alat Pengukur Radiasi Surya

Alat Pengukur Radiasi Surya
  1. 1. Aktinograf
Hasil gambar untuk AktinografBerperekam atau otomatis mengukur setiap saat pada siang hari radiasi surya yang jatuh ke alat. Sensor atau yang peka bila kena sinar surya terdiri atas bimetal (dwilogam) berwarna hitam mudah menyerap radiasi surya. Panas karena radiasi yang diserap ini membuat bimetal melengkung. Besarnya lengkungan sebanding radiasi yang diterima sensor. Lengkungan ini disampaikan secara mekanis ke jarum penulis di atas pias yang berputar menurut waktu. Hasil rekaman sehari ini berbentuk grafik. Luas grafik/integral dari grafik sebanding dengan jumlah radiasi surya yang ditangkap oleh sensor selama sehari.
  1. 2. Gun Bellani
Prinsip alat adalah menangkap radiasi pada benda berbentuk bola sensor. Panas yang timbul akan menguapkan zat cair dalam bola hitam. Ruang uap zat cair berhubungan dengan tabung kondensasi. Uap zat cair yang timbul akan dikondensasi dalam tabung berbentuk buret yang berskala. Banyaknya air kondensasi sebanding dengan radiasi surya diterima oleh sensor dalam sehari. Pengukuran dilakukan sekali dalam 24 jam, yaitu pada pagi hari dibandingkan dengan alat yang pertama hasilnya lebih kasar.
  1. 3. Campbell Stokes
Keterangan gambar :
  1. Busur dan sumbu pemegang bola, kemiringannya dapat diatur.
  2. Lensa bola untuk memusatkan sinar matahari
  3. Busur meridian pengatur sudut kemiringan lensa
  4. Jarum penahan pias
  5. Sekrup pengunci setelah kemiringan lensa diatur menurut lintang bumi setempat
  6. Kerangka alat
  7. Sekrup pengatur letak horizontal bagi tubuh alat
  8. Paku sekrup sebagai pengatur kedudukan horizontal bagi tubuh alat
  9. Dasar alat
  10. Cekungan tepat pada titik api, tempat meletakkan kertas pias
  11. Tanda penunjuk letak horizontal (water pas)
Prinsip alat adalah pembakaran pias. Panjang pias yang terbakar dinyatakan dalam jam. Alat ini mengukur lama penyinaran surya. Hanya pada keadaan matahari terang saja pias terbakar, sehingga yang terukur adalah lama penyinaran surya terang.
Pias ditaruh pada titik api bola lensa. Pembakaran pias terlihat seperti garis lurus di bawah bola lensa. Kertas pias adalah kertas khusus yang tak mudah terbakar kecuali pada titik api lensa. Alat dipasang di tempat terbuka, tak ada halangan ke arah Timur matahari terbit dan ke barat matahari terbenam. Kemiringan sumbu bola lensa disesuaikan dengan letak lintang setempat. Posisi alat tak berubah sepanjang waktu hanya pemakaian pias dapat diganti-ganti setiap hari.
Pengamatan lamanya Penyinaran Matahari menggunakan alat yang dinamakan Sun Shine Recorder type Cambell Stokes. Alat ini berupa bo;a kaca dan dibawahnya tepat di titik api dipasangi kertas yang sudah ada skala jamnya. Pada waktu ada sinar Matahari titik api akan memanasi kertas tadi hingga membuat jejak gosong yang memanjang.  Jejak gosong tersebut menunjukan lama penyinaran Matahari atau jumlah-waktu sinar Matahari sampai ke permukaan karena tidak terhalang oleh partikel/benda lain seperti awan dsb.
Ada 3 tipe pias yang digunakan pada alat yang sama:


  • Pias waktu matahari di ekuator
  • Pias waktu matahari di utara
  • Pias waktu matahari di selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar